EV-71 (Enterovirus 71), Varian Baru Virus Mematikan

Mei 5, 2008 pukul 1:05 pm | Ditulis dalam Diskusi | 3 Komentar

Baru kali ini saya mendengar ada virus bernama EV-71. Setelah membaca Kompas, Minggu (4/5), saya mendapat gambaran agak lengkap menyangkut penyakit tersebut.

EV-71 (Enterovirus 71) adalah virus yang menyebabkan wabah penyakit tangan, kuku, dan mulut yang   berjangkit di Kota Fuyang, Provinsi Anhui, Cina bagian tengah.

Virus tersebut biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun dan pada umumnya merebak antara musim semi dan musim panas.

EV-71 biasanya menyerang saraf, otak dan jantung dengan resiko mematikan jika terlambat diatasi. Pasien yang selamat dari serangan kemungkinan mengalami gangguan mental dan perkembangan saraf.

Gejala orang yang terserang EV-71 adalah badan demam, mulut luka, bagian badan tertentu seperti melepuh dan pikiran gelisah.

Menurut National Center for Infectious Diseases, AS, EV-71 tidak fatal jika cepat diantisipasi. Penyebaran terjadi lewat sentuhan dengan cairan (lendir, getah, ingus) dari orang yang terjangkit.

Virus ini tidak sama dengan virus penyebab penyakit mulut dan kuku yang biasanya menyerang ternak.

Hingga Kamis malam, sebanyak 3.321 kasus EV-71 dilaporkan terjadi di Fuyang. Dari kasus itu, sudah 22 orang tewas, sebanyak 978 orang masih dirawat di rumah sakit, dan 58 orang dalam kondisi kritis.

Belum ada vaksin atau terapi spesifik untuk mencegah EV-71. Menurut  WHO, lingkungan yang sehat, bersih, disinfektasi lingkungan merupakan cara terbaik mencegah penyebaran EV-71.

Laporan dari metrotvnews.com :

Sedikitnya 24 orang tewas akibat merebaknya virus maut baru di sejumlah provinsi di Cina, baru-baru ini. Kebanyakan korban adalah anak-anak dan bocah di bawah lima tahun.

Virus baru ini diberi nama Enterovirus 71 (EV-71). EV-71 termasuk penyakit mematikan yang menyerang bagian tangan, kaki, dan mulut. Virus kebanyakan menyerang warga di Provinsi Anhui dengan 22 korban tewas.

Pejabat kesehatan Cina menyatakan, perkembangan EV-71 sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Di Provinsi Anhui saja sudah 3.736 warga menjadi korban. Jumlah ini meningkat 415 korban hanya dalam waktu 24 jam. Bahkan 42 di antaranya dalam kondisi kritis.

Departemen Kesehatan Cina sudah mengirim sejumlah ahli ke Provinsi Anhui untuk menangkal penyebaran virus. Sejumlah petugas telah melakukan pencegahan dini dengan menyemprotkan disinfektan di rumah-rumah warga. Mereka pun memantau kondisi anak-anak di setiap keluarga.

Aya-aya wae, penyakit jaman sekarang. Dulu ada anthrax, disusul sapi gila, kemudian flu burung, kini sudah ada lagi EV-71. Semoga virus tersebut tidak sampai ke Indonesia.  

Iklan

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ini dia, EV-71 hanya endemik di satu propinsi, gimana saya tidak terfikir akan conspiracy theory itu ? penyakit yg saya tahu cuma nyerang ternak, tiba2 bisa matiin manusia.. mengerikan ye ..

  2. Betul, sebagai orang biasa, saya malah beranggapan bahwa ini adalah semacam senjata kimia yang dengan sengaja disebarkan oleh negara adidaya, terbukti dengan Virus Flu Burung (H5-N1), script virus tidak dikembalikan dan dijelaskan kepada negara yang terkena wabah, malah mereka manfaatkan sebagai bahan pembuatan anti virus yang nantinya dijual kepada negara yang terkena wabah, padahal, kalau script virus itu disampaikan, negara kita mungkin bisa membuat anti virusnya.

  3. .. sebagai tambahan. sepanjang pengetahuan saya virus sampai sekarang ada memang gak ada obatnya, kalo antivirus fungsinya cuma menahan doang bagi yg belum terinfeksi, gak bisa nge-delete virusnya, kalo udeh keburu ‘kena’ virus, siap-siap deh….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: